Perbedaan Cetak DVD Replikasi dan Duplikasi

Replikasi dan Duplikasi. Dalam industri cetak cd/dvd untuk menyalin sebuah cd/dvd terdapat 2 jenis cara yaitu replikasi dan duplikasi. Apa perbedaan antara replikasi dan duplikasi cd? Mari kita bahas pada artikel ini.

Replikasi CD/DVD
Secara sederhana, replikasi ialah memasukkan data ke disc dengan cara “stamping” ke material disc. Replikasi biasanya digunakan untuk kuantitas yang cukup banyak dan biasanya ada jumlah minimum dalam prosesnya. Salah satu ciri disc yang direplikasi adalah memiliki dasar berwarna silver, warna silver ini adalah alumunium yang berguna untuk merefleksikan laser pada player saat disc diputar.

Proses replikasi biasanya memakan waktu lebih lama dan jumlah yang lebih banyak agar dapat menekan harga cost membuat cetakan stamper. Untuk harga produksi akan lebih sedikit mahal menggunakan replikasi daripada duplikasi karena data yang di “stamp” menyatu dalam disc dan tidak dapat dihapus, ditambahakan atau menggantinya.

Duplikasi CD/DVD
Proses memasukkan data ke disc dengan cara menggunakan alat untuk “burn” data ke dalam disc. Disc jenis ini disebut CDR (CD Recordable) atau DVDR (DVD Recordable). Data yang dimasukkan ke disc menggunakan laser dan biasanya menghabiskan waktu beberapa menit per disc nya tergantung dengan kecepatan mesin burner itu sendiri. Proses ini memakan waktu lebih lambat dibandingkan proses replikasi CD/DVD, tetapi jika Anda hanya membutuhkan disc dalam jumlah sedikit, cara ini sangat cepat, efektif dan ekonomis.

Kualitas?
Banyak orang mengatakan bahwa hasil replikasi jauh lebih baik daripada duplikasi. Memang pada beberapa tahun yang lalu banyak dvd player yang tidak dapat memutar cd/dvd hasil duplikasi, sedangkan hasil replikasi selalu berjalan dengan lancar. Masalah ini adalah karena player disc nya bukan karena kualitas proses penyalinan itu sendiri. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik replikasi dan duplikasi CD/DVD tidak ada perbedaan kualitas, yang perlu diperhatikan sebelum memilih slaah satu proses tersebut adalah berdasarkan tujuan dari duplikasi atau replikasi itu sendiri yaitu berdasarkan kuantitas, waktu dan harga.

Kesimpulan
Jika Anda hanya memerlukan kuantiti kurang dari 5000 pcs dan perlu cepat, duplikasi saja. Sedangkan untuk kuantitas yang lebih besar Anda bisa menggunakan proses replikasi. Segera hubungi Rafael Disc untuk menangani project Anda.